Skip to main content

Kisah Pendakian : (Rencana) Pendakian Pertama, Gunung Gede

Naik gunung,, ya itu lah rencana ku dalam mengisi liburan masa tenang sebelum UAS (2014) saat itu. Bersama teman teman dari Forces, aku berniat untuk menaklukan gunung gede pangrango yang terletak di daerah sekitar cianjur. hari demi hari ku lewati dengan berusaha mengumpulkan perlengkapan, maklum ini calon pengalaman pertama ku untuk naik gunung makanya aku sama sekali tidak punya peralatan naik gunung yang memadai. akhirnya aku berusaha mencari pinjaman. Beruntung, di IPB ini banyak anak fahutan yang biasa naik gunung, jadi sasaran utama ku adalah mereka,, hhe.

Akhirnya aku dapat tas carier dan sleeping bag dari seorang teman, sebut saja namanya Marwah, beliau bersedia mencarikan aku pinjaman tepatnya, hhe (thanks to Marwah). Sedikit melenceng dari persiapan ku dalam pendakian ini kak Septian (yang nanti jadi Leader pas mendaki) wanti-wanti ke aku.
'Lis, siapin fisik ya, mulai olahraga dari sekarang, kecil kecilan aja biar ngga kaget',
'nanti pas naik gunung itu beban mental, harus kuat, jangan nangis. ntar ditinggal lho'
aku pikir, kok sampe nangis segala kakak kayaknya lebai deh.
'nanti pas kamu naik itu rasanya ngga nyampe nyampe, bakal kerasa lama banget, makanya kalau istirahat jangan lama-lama'
'bawa jaketnya satu aja, bawa baju ganti jangan banyak banyak, bawa makanan aja yang di banyakin, kalau bisa mie, dan makanan makanan itu dimasukin dalam satu tempat. biar ngga makan ruang terlalu banyak, bawa coklat dan ... (aku lupa lagi apa yang disebutin ka septian)'
'bawa senter juga soalnya kita naik nya pas malem malem, menjelang subuh deh, kan masih gelap tuh, nanti biar bisa lihat sunrise, nanti yang cowok yang bawa tenda, terus pas naik ke puncak barang barang nya ditinggal aja di tempat kemah.'




dan banyak lagi cerita ka septian mengenai perjalanan kami nanti. setiap pagi dan sore beliau tak lupa mengingatkan kami untuk latihan fisik, mengingatkan perlengkapan yang kurang, mengingatkan keindahan gunung gede saat senja, dan banyak lagi sms yang mengingatkan.

Hari-hari kembali berganti, hujan pun hampir setiap sore mengguyur kota bogor, sepertinya pendakian nanti pun akan diiringi oleh rintikan butir-butir air hujan. 2 malam sebelum keberangkatan ku ke gunung gede, ponsel ku berdering membawakan lagu Adera (lebih dari indah hhe) dan ku angkat ternyata telpon dari Bapa ku,

ya telpon itu berdering, dan ku angkat. dari bapak ku lho,, buat yang nda ngerti bahasa sunda aku sertakan translatenya :D *alai

elis   : asalamualaikum pak
bapa : waalaikumsalam wr.wb. kumaha pulsa tos lebet?
          (waalaikumsalam wr. wb. gimana pulsanya udah masuk?)
elis  : muhun pak atos, nuhun nya pa.
         (iya pa udah, makasih ya pa)
bapa : nya sok, (iya, sok?)
elis   : eh enya pa, abi bade ngiring naik gunung kaping 23, hhe, wios nya?
          (oh iya pak, aku mau ikut naik gunung tanggal 23, boleh ya?)
bapa : oh nya sok kumaha elis we. kira kira kuat teu fisik na?
          (oh ya udah terserah elis aja, kira-kira fisiknya kuat ngga?)
elis   : kuat pa hhe
          (kuat pa hhe)
bapa : gunung mana?
          (gunung mana?)
elis : gunung gede pangrango pa
         (gunung gede pangrango pa)
bapa : oh nya sok atuh, tos heula nya. yu asalamualaikum
         (oh ya silakan, udah dulu ya, yu asalamualaikum)
elis : waalaikumsalam wr wb.

tut.. tut.. tut..

yes, izin orang tua sudah ditangan, sekarang tinggal menunggu keberangkatan, ka septian udah rencanain buat kumpul di asrama PPSDMS, waah aku juga pengen tahu dimana tuh,, sip sip sip,, tinggal cek lagi perlengkapan di Marwah. ku tanya langsumg Marwah gimana buat perlengkapan gunung nya? boleh pinjam??? iya siip ada,, besok bisa diambil :D

yeay,, siap lagi niiih,, detak jam ini serasa berlalu lambat..

kala itu aku sedang mengikuti demisioner Himagizi kemudian ponsel ku kembali bergetar getar..

ztt ztt ztt.. ztt ztt ztt..

kali ini sms dari BAPA ku, biasa aku sertakan translate nya ya,, :D *alai lagi
lis. coba di emutan deui bade ka gunung teh da bapa asa rada teu ngizinan, usum hujan, bapa kapikiran wae titadi. (lis coba dipikirin lagi mau naik gunung tuh, bapa kurang ngizinin, musim hujan, bapa jadi kepikiran terus)
deg, lho kok gitu? seketika aroma kecewa menyeruak memenuhi seluruh atmosfir ruangan. sebagai seorang anak dapet sms perhatian kayak gitu rasanya gimanaaa gitu :D *alay

tapi kata kata terakhir yang bikin aku sedikit mengurungkan niat, ya maklum kan bapak ku udah agak sedikit hampir tua walaupun sebenarnya ngga juga sih tapi kata kata "BAPAK KEPIKIRAN TERUS" ngga tega kayak nya aku bikin belaiu kepikiran,, ya udah mungkin sekarang bukan saat nya,, nanti nanti aku minta izin nya kalau udah turun gunung aja kali ya,, :D

yaa akhirnya ku sms mengiyakan, bahwa niat ku naik gunung telah urung,, aduh tapi bapa ku kok nda bales lagi yaah,, entah lah,, setelah ku laporkan keurungan ku ke kak septian *maap ya kak. beliau mengiyakan aja dan mau pinjam perlengkapan buat naik gunung yang aku pinjam *wuaaahhh

ya udah deh di hari keberangkatan itu, tepatnya 23 malam, Nizam dan Rido (yang gantiin posisiku naik gunung hhe) minjem senter punya Habibah.. hujan saat itu mulai turun,, ahh.. melihat kedua punggung mereka berlalu,, kayak di tivi tivi gitu deh,, dengan perasaan masih ingin ikuuuuttttt,, *alay lagi nih aduuh

tanggal 24,25, dan akhirnya mereka yang udah "turun gunung" mulai satu persatu berkoar koar di dunia MAYA. ahahah,, seru sekali,, ternyata walau pun aku nda ikut, atmosfer pendakian bisa kurasakan lewat tulisan tulisan mereka di blog nya Nizam, Kak Isti, Kak Zia, tapi tetep kayaknya atmosfer lebih terasa kalau naik sendiri,,

hahaha,,

karena semua itu hanya milik Allah dan aku hanya berencana, tapi pasti ada yang terbaik dari ini semua,, Alhamdulillah, :)

semangat yoo yang mau naik,, aku ikut ahh yeaay...

Comments

Popular posts from this blog

Yang Ke 20

Klapanunggal, 7 juli 2014   Al Mukhlas Fikri, Lahir 7 Juli 1994.. Waaah, hari ini mukhlas ulang tahun, ahahha Tanggal ini Sama kayak dulu pas TPB waktu kita pertama kali kenalan:3, yang di perpus, yang kamu jutek parah -____- Ahahaha,, suka lucu kalo inget waktu itu deh klas, berarti udah 3 tahun yaw,, ahahah,, dasoooor Udah guede nih sekarang mister norman, yang dulu stadi orientid bingit sekarang sudah berjiwa organisatoris lah ya,, kayak *ekhem aktivis gituu,, oh iya ni ada pesan moral *ciyee semangat muceeee,, dimana pun kamu berada, selalu ajak orang lain dalam kebaikan dan

Posyandu di Cikahuripan

Posyandu merupakan suatu lembaga dalam bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang memberdayakan masyarakat dengan prinsip dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat. Keberadaan posyandu berfungsi untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh akses layanan kesehatan dasar. Kegiatan yang dilakukan di posyandu merupakan upaya untuk mempercepat penurunan AKI dan AKB. Selain itu posyandu juga berfungsi sebagai sarana penyaluran informasi dan keterampilam dari kader terlatih kepada masyarakat atau antar sesama masyarakat mengenai kesehatan. Terdapat 5 kegiatan pokok posyandu di Indonesia, yaitu KIA, KB, Imunsasi, gizi dan penanggulangan diare.

Andaikan Kecewa itu Ada

Aku bilang : Kita satu, bukan? Kau tersenyum dan aku anggap "iya" Aku bilang : Kita merah, bukan? Kau tersenyum dan aku anggap "iya" Aku bilang : Aku menangis.. Kau bertanya : Kenapa? Lalu aku anggap itu balasan Aku bilang : Aku membuat sesuatu.. Kau bertanya : Mana? Lalu aku anggap itu balasan Sesederhana itu aku memandang kau dan aku Namun rupanya kau juga berpikir sederhana Di antara kita adalah kedekatan, maksudku Di antara kita hanyalah kewajaran, maksudmu Jika kecewa itu ada, maka aku mungkin iya Bogor, dalam nuansa keheningan