Skip to main content

Passion mu

Dirasakan atau tidak, kesendirian dan rasa sepi saat jauh darimu selalu ada. Sibuk ataupun tidak, kekhawatiran tentang mu bergumam dalam kepala. Apa kamu makan cukup, apa orang-orang memperlakukan mu dengan baik, apa kamu bisa mandi setiap hari dan tidak sakit, apa ada gadis atau mungkin janda yang merebut perhatian mu? Ah yang terakhir pasti tidak mungkin. Kurasa, yaaa.. tidak mungkin saja. Atau mungkin saja sih, kalau kamu bertemu yang mirip dengan ku. Tapi, katamu aku cuma satu. Dulu. Rasanya sekarang aku ingin langsung berlari untuk menelponmu.

***

"Beberapa waktu ke depan aku ditugaskan di perbatasan Indonesia, Cilla"
Ungkap mu saat kita berlibur di Jogja.
Penginapan dengan nuansa rumah joglo yang kamu pilih, ditambah lagi rencana kita untuk bercakap-cakap menggunakan bahasa daerah, benar-benar membuatku merasa menjadi orang Jawa. Aku prepare untuk belajar bahasa jawa, meski sebenarnya aku cukup mengerti walau sedikit. Kamu juga pernah tinggal lama di salah satu pesantren di Kediri, pasti tak kesulitan berbicara. Tapi ya begitu lah, semangat kita memang hanya menggebu di awal saja, untuk berbincang, sebagian besar yang kita pakai tetap bahasa Indonesia. Untuk mendalami peran dan perasaan, aku sengaja memilih beberapa aksesoris yang dapat melengkapi liburan kita, seperti blangkon, baju garis-garis coklat, juga kain batik. Sempat terpikir membeli sepeda ontel, tapi kamu melarangku. Kamu bilang disana kita bisa menyewa kuda. Oh mungkin maksudmu delman. Kadang kita memang memiliki tema dan konsep unik untuk menikmati waktu bersama. 

Aku menata getuk lindri di piring kecil sambil menunggu mu melanjutkan kalimat. Kebiasaan mu memang, membiarkan kalimat menggantung di udara.
"Tidak terlalu jauh kok,  masih di kalimantan hanya saja sekarang di daerah perbatasan Malaysia-Indonesia.  Pemerintah mencoba memasang penahan abrasi disana. Kau tahu kan, kondisi pantai kita mulai sedikit memprihatinkan" Lanjutmu

"Puluhan kilometer pantai sudah tergerus abrasi, hmm, mengingat yang sedang ku coba tangani ini adalah salah satu perbatasan, tentu akan berpengaruh juga  terhadap kedaulatan negara. Tapi ya ku harap masalahnya bisa selesai segera sebelum separah itu, doakan aku ya Cilla" Tambahmu sambil melempar senyum padaku.
"Iyaaaa, Bapak konsultan berprestasi yang menangani, semua masalah pasti teratasi" selorohku menirukan salah satu iklan sabun cuci piring yang fenomenal, Cahaya Mentari.

Kamu pun tertawa ringan, sambil membuka pembungkus kue nagasari dan melahapnya mantap. Aku sengaja menyiapkan beberapa jenis kue tradisional untuk snacking time kali ini.

"Apa yang akan kamu lakukan nantinya Bi??" Tanyaku

Tanganku gesit sambil menuang teh cap Kendi ke dalam gelas-gelas kosong yang sedari tadi minta untuk diisi. Asap yang mengepul serta aroma khas teh cap kendi menyeruak melengkapi perbincangan kita sore itu. Burung kenari yang disiapkan pihak penginapan di sangkar terdengar bercuit-cuit merdu.

"Seperti biasanya, aku akan survey lokasi dulu. Sejujurya aku belum tahu kondisi real pantai disana. Hanya saja gambaran yang ku dapat dari laporan yang ku terima menunjukan kondisinya cukup memprihatinkan. secara umum persoalanya bisa diatasi dengan beberapa pendekatan, misalnya peremajaan pantai, restorasi mangrove, rehabilitasi karang dan pelayanan pantai terpadu. Tapi mungkin semua itu memerlukan waktu yang tidak sedikit. Yaa, kita harus segera lihat sendiri kondisinya agar bisa segera memutuskan upaya terbaik yang dapat dilakukan, Cilla"

Aku menatapmu dengan khidmat, selalu terkagum saat kau mulai bercerita mengenai passion mu, dalam hal ini pekerjaan sebagai seorang konsultan sipil dan lingkungan. Ya, walaupun konsekuensinya kamu lebih sering berpergian ke luar kota dari pada tinggal di rumah. Tak apa, itu yang kita sepakati sejak awal mengikat janji suci, bukan?



Comments

  1. itu kok mirip cerita aku yah wkwkwkw

    ReplyDelete
  2. Selamat Siang Mbak Elis,

    Saya Soraya dari https://serumah.com.
    Saat ini trend berbagi ruangan/roomsharing sangat marak di kota besar. Kami berinisiatif untuk membuat situs pencari teman sekamar/roommate agar orang-orang yang ingin menyewa tempat tinggal (apartemen, rumah atau kost) dapat berbagi tempat tinggal dan mengurangi biaya pengeluaran untuk tempat tinggal. Berawal dari ide tersebut, website serumah.com diluncurkan pada awal tahun 2016.

    Saat ini saya meminta bantuan anda untuk menuliskan artikel review mengenai serumah.com di situs blog anda. Saya dan Tim Serumah sangat menghargai jika Anda bersedia untuk memberikan review terhadap website kami dan menerbitkannya di blog anda.

    Mohon hubungi saya jika ada pertanyaan lebih lanjut. Saya ucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatannya.

    Soraya F.
    Cataga Ltd.
    soraya.serumah@gmail.com
    https://serumah.com/

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Yang Ke 20

Klapanunggal, 7 juli 2014   Al Mukhlas Fikri, Lahir 7 Juli 1994.. Waaah, hari ini mukhlas ulang tahun, ahahha Tanggal ini Sama kayak dulu pas TPB waktu kita pertama kali kenalan:3, yang di perpus, yang kamu jutek parah -____- Ahahaha,, suka lucu kalo inget waktu itu deh klas, berarti udah 3 tahun yaw,, ahahah,, dasoooor Udah guede nih sekarang mister norman, yang dulu stadi orientid bingit sekarang sudah berjiwa organisatoris lah ya,, kayak *ekhem aktivis gituu,, oh iya ni ada pesan moral *ciyee semangat muceeee,, dimana pun kamu berada, selalu ajak orang lain dalam kebaikan dan

Posyandu di Cikahuripan

Posyandu merupakan suatu lembaga dalam bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang memberdayakan masyarakat dengan prinsip dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat. Keberadaan posyandu berfungsi untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh akses layanan kesehatan dasar. Kegiatan yang dilakukan di posyandu merupakan upaya untuk mempercepat penurunan AKI dan AKB. Selain itu posyandu juga berfungsi sebagai sarana penyaluran informasi dan keterampilam dari kader terlatih kepada masyarakat atau antar sesama masyarakat mengenai kesehatan. Terdapat 5 kegiatan pokok posyandu di Indonesia, yaitu KIA, KB, Imunsasi, gizi dan penanggulangan diare.

Andaikan Kecewa itu Ada

Aku bilang : Kita satu, bukan? Kau tersenyum dan aku anggap "iya" Aku bilang : Kita merah, bukan? Kau tersenyum dan aku anggap "iya" Aku bilang : Aku menangis.. Kau bertanya : Kenapa? Lalu aku anggap itu balasan Aku bilang : Aku membuat sesuatu.. Kau bertanya : Mana? Lalu aku anggap itu balasan Sesederhana itu aku memandang kau dan aku Namun rupanya kau juga berpikir sederhana Di antara kita adalah kedekatan, maksudku Di antara kita hanyalah kewajaran, maksudmu Jika kecewa itu ada, maka aku mungkin iya Bogor, dalam nuansa keheningan