Skip to main content

MITI Klaster Mahasiswa : Evaluasi akhir tahun, Momentum Resolusi untuk berkontribusi di 2017



        Evaluasi Akhir Tahun atau disingkat EAT merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh pengurus Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia Klaster Mahasiswa (MITI KM). Kegiatan ini berfungsi sebagai bentuk pertanggung jawaban program kerja MITI KM selama satu tahun kepengurusan. EAT 2016 ini dilaksanakan bersamaan dengan Workshop MITI KM 2016. Bertempat di MITI Center Depok, kegiatan ini diselanggarakan selama 2 hari, yakni hari sabtu-minggu tanggal 10-11 Desember 2016. 

       Kegiatan EAT dan Workshop MITI KM dihadiri oleh segenap pengurus harian MITI KM, perwakilan departemen MITI KM, perwakilan MITI Profesi juga dihadiri oleh Deputi Dewan Pembinaan MITI pusat, Dr. Mahfudz Al Huda, M.Eng dan Prof. Dr. Ratno Nuryadi, M.Eng.
  
       Selama kepengurusan MITI KM periode 2016, MITI KM mengambil peran kontributif dimana semua program kerja MITI KM difokuskan bersentuhan langsung dengan objek dan memberikan dampak nyata bagi lingkungan sekitar. Adapun beberapa jenis program kerja yang dilaksanakan oleh MITI KM 2016 bidang eksternal adalah, Go Pangan Lokal, pembinaan Mahasiswa dan Mitra MITI KM, scholarship workshop, Neuron Award, Lomba Inovasi Pangan, Lomba penulisan Essay Buku Best Seller, Youth Connection, Share With Us dan Temwil di 7 wilayah MITI KM. Untuk program kerja yang sifatnya internal dan pengembangan diri meliputi Internal Discussion for MITI KM (IDM) dan program kajian rutin internal. Semua program kerja dievaluasi tingkat keberhasilan dan manfaatnya. 

      EAT dilaksanakan pada hari sabtu, 10 Desember 2016 pukul 10.00 WIB. Acara dimulai dengan pemaparan maksud dan tujuan diselenggarakannya EAT, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian hasil program kerja selama tahun kepengurusan 2016. Adapun yang disampaikan berupa kondisi internal departemen juga program kerja yang berhasil dan tidak berhasil dilaksanakan. Selesai pemaparan program kerja departemen, setiap pengurus dan perwakilan MITI KM yang hadir kemudian berdiskusi memberikan masukan dan rekomendasi saran terkait evaluasi setiap program kerja. Diskusi ini berlangsung hingga pukul 20.00 WIB.


       Minggu, 11 Desember 2016 dilaksanakan Workshop MITI KM 2016. Adanya kegiatan ini bertujuan untuk merumuskan arah MITI KM untuk tahun 2017 dan seterusnya. MITI KM diharapkan akan menjadi lembaga independen dengan garapan program spesifik dalam upaya berkontribusi untuk negeri. Selain dihadiri oleh pengurus harian dan perwakilan departemen MITI KM, kegiatan workshop ini juga dihadiri oleh perwakilan dari MITI Profesi, Andrie Javs Valentino, S.E. dan Andi Malau. 

       Workshop dimulai dengan pemaparan posisi MITI KM saat ini. Sebagai lembaga nasional yang aktif dalam pengembangan sumber daya manusia khususnya mahasiswa, MITI KM juga diharapkan dapat menyentuh sisi lain dalam upaya kontribusi pembangunan bangsa. Berbagai gagasan dan ide terkait peran MITI KM untuk tahun 2017 yang bermunculan selama workshop ditampung dan dikaji bersama. Semua gagasan tidak terlepas dari harapan utama pembina MITI KM untuk menjadikan MITI KM sebagai sarana mencerdaskan mahasiswa dan membuat mahasiswa peka terhadap lingkungan sekitarnya. Workshop ditutup dengan penyampaian hasil kajian ide dan gagasan kepada deputi pembinaan MITI KM. 

       MITI KM sebagai sebuah lembaga non profit yang berada di bawah yayasan MITI, senantiasa berupaya untuk menjadi lembaga mahasiswa Indonesia yang berkontribusi terhadap setiap persoalan yang dihadapi masyarakat melalui pendekatan dan keunggulan sains dan teknologi sesuai dengan potensi bidang keilmuannya masing-masing.  Melalui prinsip memberikan manfaat sebanyak-banyaknya sekecil apapun peran yang bisa dilakukan, MITI KM akan terus berusaha agar dapat menginspirasi dan berkarya untuk bangsa.

Comments

Popular posts from this blog

Posyandu di Cikahuripan

Posyandu merupakan suatu lembaga dalam bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang memberdayakan masyarakat dengan prinsip dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat. Keberadaan posyandu berfungsi untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh akses layanan kesehatan dasar. Kegiatan yang dilakukan di posyandu merupakan upaya untuk mempercepat penurunan AKI dan AKB. Selain itu posyandu juga berfungsi sebagai sarana penyaluran informasi dan keterampilam dari kader terlatih kepada masyarakat atau antar sesama masyarakat mengenai kesehatan. Terdapat 5 kegiatan pokok posyandu di Indonesia, yaitu KIA, KB, Imunsasi, gizi dan penanggulangan diare.

Aku Tak (Akan) Curang

"Aku.. ," ucapku memulai percakapan kita.
"Takut, jika sikap terlalu khawatir ku justru membuat mu merasa tak nyaman" Lanjut ku
"Terlalu khawatir akan hal apa?" Tanyamu menanggapi enggan Dan ku terdiam. Mungkin memikirkan jawaban. Atau memang benar benar kehabisan kata untuk mengungkapkan.
Mungkin bagimu yang terlihat lebih banyak tak peduli, aku adalah sosok yang terlalu banyak perhatian. Bagimu yang menganggap semuanya simple, Aku orang yang terlalu rumit. Entahlah, Aku hanya terlalu sering memikirkan hal yang mungkin, tidak penting. Aku hanya orang yang terlalu banyak kekhawatiran, apalagi jika tentang mu. Mungkin ini hanya karena ku merasa tak percaya diri. Merasa masih seperti mimpi, saat orang seperti mu ada di sini, bersamaku. Maka itu aku khawatir, jika membebani atau merepotkanmu. "Terimakasih Cill," Ujar mu,
"Terimakasih sudah mau khawatir tentang ku, sekaligus maaf jika aku memang membuat mu khawatir" Lanjut mu  Angin segar…