Skip to main content

Kematian dan Kehidupan


Kematian itu kalau kata dosen Ane berhenti berfungsinya batang otak yang berpengaruh terhadap fungsi organ-organ vital pada makhluk hidup. Menurut perkataan "sesuatu" *anelupadengerdarisiapa kematian itu ialah hal yang paling dekat dengan kita, ngga ada yang tahu kan kapan seseorang akan mencapai umurnya. Kayak yang ane alamin akhir-akhir ini. Ada banyak berita tentang kematian yang di japri sama temen temen Ane. Sempet ngerasa serem sih, soalnya yang meninggal itu ngga melulu harus orang tua yang udah renta ubanan dan sebagainya. Bahkan bisa dialami oleh bayi yang baru beberapa detik hadir mengecap dunia fana ini. 

Salah satu berita kematian yang ane denger itu ialah berita meninggalnya bibi ane, adek dari bapak. Pas momen ramadhan, pas sahur tepatnya, ane dikabarin kalau almarhumah itu meninggal gegara terdapat mium dalam rahimnya. Ya bisa dibilang itu semacam tumor gitu, udah sempet diangkat beberapa waktu yang lalu lewat operasi bedah gitu, tapi kata dokter ternyata akar dari tumor itu masih bersisa dan akhirnya tumbuh menjadi-jadi lagi. 

Ya, segala sesuatu itu milik Allah dan akan kembali padaNya. Ane bener-bener ngga nyangka, pertemuan terakhir sama almarhumah itu sekitar 3 tahun yang lalu, udah lama banget. Menyesal karena jarang sekali silaturahmi sama almarhumah, khususnya sih ketemu soalnya kalo telponan masih lumayan terjaga lah. 

Tapi sekali lagi, nyesel banget karena udah lamaaa ngga ketemu dan akhirnya ngga ketemu lagi di dunia ini, semoga bisa berkumpul di surga nanti. aamiiin.

Pas di bilangin tentang kabar duka itu, posisinya Ane masih KKP kan, jadi ngga sempet juga buat pulang ke Bandung, sekitar 3 hari kemudian pas banget liburan KKP, Ane sempetin mampir dulu ke Bandung. Perjalanan Bogor-Bandung itu lumayan cepet lah, nah dari terminal Bandung ke rumah saudara Ane itu yang bikin Ane inget sesuatu. Tentang kehidupan dan cara menjalaninya. Secara nih ya ane kan udah menginjak usia 20 nih, bentar lagi lulus, harusnya udah mulai belajar mandiri dan menatap dunia kerja dong,, galau deh kalo udah kepikiran ke situ,, hheu, oke balik ke cerita. Pas di mobil itu ane nemuin banyak bapak-bapak yang jualan asongan masuk gitu ke dalam mobil. Kalau perjalanan Bogor-Bandung mah ngga ada tuh yang namanya pengamen dan tukang asongan masuk ke dalam bis, dan awalnya Ane ngga suka kalo ada "orang" yang keluar masuk bis gitu, tapi pas di perjalanan terminal ke cililin itu, Ane merasakan sesuatu yang lain, ya Allah, ini mungkin namanya perjuangan. Tetiba Ane inget bapak sama ibu ane yang cari duit dan kerja. Hampir-hampir mau nangis deh kalo ngebayangin bapak ane jadi salah seorang diantara para pedagang asongan itu. Rasanya sedih gitu ngebayangin perjuangan nya. Fyi, bapak Ane itu buka bengkel kecil-kecilan di rumah, jadi seenggaknya ngga selalu keluar turun ke jalan buat nyari duit. 

Ya Allah, ngeliat bapak-bapak itu langsung kepikiran gimana capeknya, gimana rasanya kalo ngga ada yang beli, rasanya kasian gitu. Tapi Ane sadar, bapak-bapak penjual asongan itu bukan untuk dikasihani, bahkan perjuangan mereka perlu diteladani, yang ngga pernah bosan dan putus asa. Kalo pedagang asongan pundungan mah ya ngga jadi jualan dia, ahahhaha. Pernah tuh ada penjual salak di bis, ya emang para penumpang ngga pengen beli kali ya, pas bapaknya itu nawarin ngga ada yang mau, sampe bapaknya banting harga pun belom ada rezekinya mungkin disitu, aduh sungguh itu Ane kasian banget ngeliatnya. kadang suka pengen beli, tapi duitnya ngga ada. Jadinya cuma berdoa aja, "ya Allah, semoga ada yang beli dagangan bapak itu" atau doa kayak gini "ya Allah, tolong percepat bis ini sampai ditujuan saya biar ngga ngeliat hal ini lebih lanjut"

ahh,, selalu banyak pelajaran di setiap perjalanan, apalagi perjalanan kehidupan. saat kita berhenti sejenak dan mulai mengamati, disitu akan muncul rasa empati dan perasaan menghargai, bahkan bisa sampai peduli, disitu banyak pelajaran yang bisa diambil, mulai dari berusaha dan bekerja tanpa mengenal lelah dan putus asa, jangan pernah mengeluh, hargai orang lain disekitar kita, berlakulah ramah dan santun kepada siapa pun. Ya Allah,, terimakasih atas pelajaran yang kau berikan selama perjalanan ini, tak henti bersyukur atas semua nikmat yang telah Kau beri. Alhamdulillah..

Pict : Dok Pribadi

Popular posts from this blog

Yang Ke 20

Klapanunggal, 7 juli 2014   Al Mukhlas Fikri, Lahir 7 Juli 1994.. Waaah, hari ini mukhlas ulang tahun, ahahha Tanggal ini Sama kayak dulu pas TPB waktu kita pertama kali kenalan:3, yang di perpus, yang kamu jutek parah -____- Ahahaha,, suka lucu kalo inget waktu itu deh klas, berarti udah 3 tahun yaw,, ahahah,, dasoooor Udah guede nih sekarang mister norman, yang dulu stadi orientid bingit sekarang sudah berjiwa organisatoris lah ya,, kayak *ekhem aktivis gituu,, oh iya ni ada pesan moral *ciyee semangat muceeee,, dimana pun kamu berada, selalu ajak orang lain dalam kebaikan dan

Posyandu di Cikahuripan

Posyandu merupakan suatu lembaga dalam bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang memberdayakan masyarakat dengan prinsip dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat. Keberadaan posyandu berfungsi untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh akses layanan kesehatan dasar. Kegiatan yang dilakukan di posyandu merupakan upaya untuk mempercepat penurunan AKI dan AKB. Selain itu posyandu juga berfungsi sebagai sarana penyaluran informasi dan keterampilam dari kader terlatih kepada masyarakat atau antar sesama masyarakat mengenai kesehatan. Terdapat 5 kegiatan pokok posyandu di Indonesia, yaitu KIA, KB, Imunsasi, gizi dan penanggulangan diare.

Andaikan Kecewa itu Ada

Aku bilang : Kita satu, bukan? Kau tersenyum dan aku anggap "iya" Aku bilang : Kita merah, bukan? Kau tersenyum dan aku anggap "iya" Aku bilang : Aku menangis.. Kau bertanya : Kenapa? Lalu aku anggap itu balasan Aku bilang : Aku membuat sesuatu.. Kau bertanya : Mana? Lalu aku anggap itu balasan Sesederhana itu aku memandang kau dan aku Namun rupanya kau juga berpikir sederhana Di antara kita adalah kedekatan, maksudku Di antara kita hanyalah kewajaran, maksudmu Jika kecewa itu ada, maka aku mungkin iya Bogor, dalam nuansa keheningan